Tuesday, May 6, 2014

Valentino Rossi the living legend





Assalamu alaikum wr wb.

Untuk sobat littlewawan yang suka menonton balap Motogp, pasti sudah tidak asing dengan nama Valentino Rossi. Bisa dikatakan dialah ‘legenda hidup’ dalam balap sepeda motor karena berbagai prestasinya. Meskipun sudah memasuki usia senja untuk kalangan atlit balap Motogp, tapi Rossi masih mampu memberikan perlawanan terhadap pembalap muda yang berusia 20 tahunan.

Valentino Rossi dilahirkan di Urbino,Itali, 16 Februari 1979. Ayahnya adalah Graziano Rossi merupakan pembalap juga pada tahun 1970an. Ibunya bernama Stefania Palma. Sedari kecil rossi sudah dikenalkan dengan dunia balap, saat anak seusianya masih suka bermain. Rossi selalu memakai nomor balap 46, karena nomor ini pernah diapakai oleh ayahnya, juga Rossi pernah merasa kagum dengan pembalap wildcard Jepang bernomor 46, yang ia tonton di TV.

Mengawali balap motor dunia, Rossi bergabung dengan tim Aprilia 125cc (2 tak), tahun 1996-97. Kemudian dia naik ke kelas 250cc (2 tak) tetap dalam tim Aprilia, tahun 1998-99. Kemudian naik ke kelas 500cc (2 tak) pada tahun 2000-01, bersama tim Honda.

Selanjutnya aturan Motogp berubah, motor 2 tak berganti menjadi 4 tak, dengan kapasitas mesin sekitar 800-1000cc. tahun 2002-03 Rossi masih bergabung dengan tim Honda. Akhirnya tahun berikutnya Rossi menyatakan keluar dari tim Honda, dan bergabung dengan tim Yamaha. Rossi ingin membuktikan bahwa dirinya menjadi juara dunia bukan hanya karena kehebatan motornya saja, tapi juga karena skill pembalapnya juga. Saat itu motor Honda dianggap motor terbaik, Yamaha dianggap motor lemah. Tahun 2004-10 Rossi bergabung dengan tim Yamaha. Selanjutnya di tahun 2011-12 Rossi pindah ke tim Ducati. Namun performa Rossi menurun bersama Ducati karena sering gagal finish, terjatuh di tengah lomba. Karena Ducati tidak mampu mengembangkan motor balap sesuai petunjuk Rossi. Untuk tahun 20013-14 Rossi kembali ke tim Yamaha.



Sepanjang karirnya dalam Motogp, Rossi memiliki 9 gelar juara dunia. 1 gelar 125cc, 1 gelar 250cc, 7 gelar dalam kelas utama (500cc dan motogp).

Rossi dan fansnya memiliki beberapa julukan. Julukan Rossifumi, karena kekagumannya pada pembalap Norifumi abe. Julukan Valentinik, karena kesukaannya pada kartun Daffy Duck yang di Itali memakai nama Paperinik. Julukan The Doctor, karena rossi merasa bahwa saat itu balap motor sudah semakin serius (tenang,kalem,pemikir seperti dokter). Untuk saat ini julukan Rossi yang popular adalah VR46.

Selain menjadi pembalap, Rossi juga menjadi entertainer diatas sirkuit. Aksi overtake-nya cukup seru untuk ditonton, terutama duel-duelnya dengan pembalap lain seperti Biaggi, Gibernau, Stoner, Lorenzo, dan Marquez. Selain itu dalam merayakan kemenangannya Rossi juga suka melakukan selebrasi unik. Selebrasinya yang mungkin masih diingat yaitu memboncengkan fans nya yang berkostum ayam, berkostum dokter, juga memboncengkan angka 1 berukuran besar.



Itulah Valentino Rossi dari Itali, pembalap bertalenta yang mungkin tidak mudah untuk disamakan oleh pembalap baru lainnya.

Wassalam.
Salam dari kota pahlawan.

Sumber :

No comments: