Monday, May 12, 2014

Waspada virus MERS !





Assalamu alaikum wr wb.

Pastinya sobat littlewawan sudah mendengar berita menghebohkan tentang virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome). Virus ini adalah virus baru yang penyebarannya dari timur-tengah. Saat ini sudah ada korban meninggal karena virus ini, ada 1 WNI di Jeddah yang meninggal.

Untuk itu kita perlu untuk mengenali gejalanya, yaitu flu, demam, batuk, juga kesulitan bernafas. Penularannya bisa lewat cairan penderita, misalnya lewat batuk atau bersin. Juga bisa lewat sentuhan terhadap benda yang terkontaminasi virus ini. Juga bisa lewat bersentuhan langsung dengan penderita.



Untuk sementara ini, diduga virus juga ditularkan lewat hewan unta. Untuk itu manusia diarapkan tidak dekat dengan unta, untuk sementara ini, sampai ditemukan cara penanggulagannya. Pemerintah Arab Saudi juga sudah melakukan penelitian pada unta yang berada di wilayahnya.

Untuk pencegahannya, bisa dengan rutin mencuci tangan memakai sabun antiseptic, menghindari terduga penderita, juga menutup hidung & mulut saat batuk/bersin. Untuk yang sedang beribadah di tanah suci, sebaiknya menggunakan masker sewaktu di tempat umum.

Buat kita yang tinggal di Indonesia juga harus waspada. Di Makassar sudah ada yang positif terjangkit. Di beberapa kota lainnya, juga sudah ada pasien terduga penderita MERS.



Waspadalah sobat semuanya !

Wassalam.
Salam dari kota pahlawan.

Sumber :

tulisan sebelumnya :


No comments: