Friday, August 29, 2014

Misteri Ninja – part 3

Assalamu alaikum wr wb.

melanjutkan tulisan sebelumnya.

Kemunculan ninja sebagai tentara bayaran, diawali pada era perang Nanbukucho (1336-1392). Perang selama 40 tahun antara pihak utara, yaitu para shogun, dengan pihak selatan, yaitu Kaisar Go-Daigo. Antara kedua pihak memakai jasa ninja, fungsinya untuk mata-mata, penyusupan, dan membakar benteng musuh. Akhirnya perang dimenangkan para shogun, pemimpin Negara dipegang oleh kaisar boneka yang diatur oleh para shogun.

70 tahun kemudian, terjadi perang Onin, berlangsung selama 10 tahun. Inilah saatnya mulai timbul perpecahan. Hingga masuk dalam periode Sengoku jidai (perang saudara Jepang) thn 1467-1568. Disinilah terjadi peperangan antara para daimyo(samurai bangsawan penguasa tanah). Pada masa ini ninja digunakan sebagai mata-mata, penyusup, atau pengacau di dalam kastil musuh, sementara tentara samurai mengepung dari luar. Klan ninja yang terkenal saat itu yaitu klan Iga dan klan Koga.

Oda Nobunaga


Oda Nobunaga adalah daimyo paling berkuasa pada periode ini. Oda ingin menyatukan Jepang dibawah kekuasaannya. Oda memandang bahwa keberadaan ninja membahayakan bagi stabilitas kekuasaanya. Maka dengan kekuatan besar , Oda menyerang benteng ninja Iga dan ninja Koga. Benteng ninja berhasil dihancurkan dalam perang terbuka, menyebabkan para ninja tersisa  melarikan diri ke berbagai wilayah, terutama bersembunyi di pegunungan Kii.

Semasa hidupnya, Oda mengalami berbagai macam percobaan pembunuhan dari kelompok ninja. Sugitani, ninja Koga, mencoba membunuh Oda dengan senjata tembakan, tapi tidak bisa menembus baju besi Oda. Sugitani berhasil melarikan diri, tetapi tertangkap 4 tahun kemudian. Dia disiksa dan dibunuh. Oda pernah akan dibunuh sewaktu tidur oleh ninja bernama Manabe Rokuro, atas perintah daimyo Hatano Hideharu. Tapi usaha ini juga gagal. Manabe tertangkap, dipaksa untuk bunuh diri, mayatnya dipamerkan di muka umum.

Tokugawa Ieyasu
Hattori Hanzo


Sebagian kelompok ninja bergabung dengan Tokugawa Ieyasu, seorang shogun yang cukup besar kekuasaannya. Ninja yang terkenal menjadi pengawal Tokugawa diantaranya bernama Hattori Hanzo, dari klan Iga. Ninja Iga banyak digunakan sebagai penjaga di dalam kastil Tokugawa. Sedangkan ninja Koga digunakan sebagai penjaga luar atau polisi di sekitar kastil. 

patung Amakusa Shiro


Di bawah kepemimpinan Tokugawa Iemitsu, ninja koga digunakan sebagai mata-mata untuk mengamati pembangunan kastil Hara, kastil milik kelompok pemberontak Shimabara dari kalangan Kristen, yang dipimpin oleh Amakusa Shiro. Para ninja berhasil menyusup ke dalam kastil untuk mengamati kondisi di dalam kastil, dan melaporkan kepada tentara Tokugawa. Ninja berhasil merebut bendera kastil secara diam-diam. Karena dikepung terus, akhirnya kelompok pemberontak dapat dikalahkan tentara Tokugawa.

Tokugawa Yoshimune


Pada awal abad ke-18, shogun Tokugawa Yoshimune mendirikan badan intelijen, bernama Oniwaban. Para intelnya disebut Oniwabanshu, bertugas mengumpukan informasi secara rahasia. Meskipun tidak ada keterkatan langsung, tetapi bisa dianggap bahwa oniwabanshu/intelijen merupakan hasil pengembangan dari kemampuan ninja di era modern.

Selain beberapa nama ninja diatas, masih terdapat beberapa ninja yang cukup terkenal juga.
Ishikawa Goemon, ninja yang pernah mencoba membunuh Oda sewaktu tidur dengan memasukkan racun lewat benang ke mulut Oda. Goemon melakukannya sambil bersembunyi di langit-langit kamar Oda.
Fuuma Kotaro, seorang ninja yang telah membunuh ninja Hattori Hanzo, memiliki senjata khas Fuuma-shuriken.
Mochizuki Chiyome, seorang ninja wanita, yang menciptakan sekolah geisha yang bisa sekaligus sebagai spionase.
Momochi Sandayu, pemimpin Iga ninja, dikabarkan tewas sewaktu penyerbuan oleh Oda, namun sesungguhnya dia berhasil melarikan diri dan menjadi petani di sekitar pegunungan Kii.
Fujibayashi Nagato, seorang Jonin klan Iga, cukup terkenal kepemimpinannya, setara dengan Momochi dan Hanzo.

Demikian tulisan mengenai ninja atau shinobi, yang menurut sejarah bukan hanya mitos, tapi keberadaannya diakui sebagai bagian dari sejarah panjang Negara Jepang.

Terimakasih.

Salam dari kota pahlawan.



Sumber :

Phone/Whatsapp : +6281331122195
Twitter : @little_wawan


Facebook : littlewawanblogger



No comments: