Friday, July 18, 2014

Kopi dan Asal-usulnya




Assalamu alaikum wr wb.

Minuman kopi adalah minuman yang cukup digemari, karena konon kabarnya memberi efek menyegarkan badan dan menghilangkan kantuk. Tapi bagaimana sejarah awal ditemukannya minuman kopi? Kali ini blog Little Wawan akan memberikan sebuah ulasan sederhana mengenai kopi.

Ada beberapa versi mengenai asal-usul minuman kopi.

Versi pertama, yaitu kisah seorang penggembala kambing suku Abyssinia di Kaffa (Kefa) Negara Ethiopia bernama Kaldi. Suatu saat ia  menggembala kambingnya di sebuah dataran tinggi dekat sebuah biara. Kemudian kambing-kambing itu memakan buah merah yang tumbuh pada sejenis tanaman semak. Ternyata kambingnya mulai melompat-lompat dan mengembik keras. Kaldi menjadi penasaran dan mencoba memakan buah merah itu. meskipun pahit tapi Kaldi merasakan kesegaran tubuh setelah memakannya.



Kaldi lalu membawa buah itu pulang, lalu meminta istrinya untuk membagi buah itu dengan biarawan yang tinggal di sebuah biara dekat dengan rumah Kaldi. Namun para biarawan tidak menyukainya lalu membakar buah merah itu ke dalam api. Namun saat dibakar itu, buah merah itu menimbulkan aroma unik yang sedap. Karena penasaran buah yang terbakar disiram dengan air. Para biarawan lalu mencicipi air dari bekas buah merah yang terbakar. Ternyata mereka merasa tubuhnya menjadi segar. Akhirnya para biarawan terus meminum air buah itu supaya mereka kuat beribadah di malam hari.

Versi kedua, yaitu kisah ahli pengobatan bernama Omar dari Yaman. Dia adalah murid dari Syekh Abou'l Hasan Schadheli dari Mocha(Al Mukha)negara Yaman(Yemen). Karena sebuah kesalahan, Omar diasingkan di sebuah gua di padang pasir Ousab.



Suatu saat Omar merasa sedih dan lapar, dia menemukan buah berwarna merah dari sejenis tanaman semak. Omar mencoba untuk memakannya mentah-mentah tapi ternyata buah itu pahit rasanya. Buah itu pun dicoba untuk dipanggang, tapi ternyata buah itu malah mengeras, sehingga tidak dapat dikunyah. Untuk melunakkannya kembali, buah itu direbus dalam air panas. Ternyata saat direbus, airnya menjadi berwarna kecoklatan dan menimbulkan aroma yang sedap. Omar lantas mencoba meminum air rebusan itu. setelah meminum air rebusan itu omar merasa tubuhnya segar kembali.

Omar pun menceritakan hal ini pada orang di sekitarnya. Hingga akhirnya penguasa kota Mocha juga mendengar mengenai khasiat air rebusan buah merah temuan Omar. Omar pun dipanggil kembali ke Mocha, dengan membawa buah temuannya. Omar mendapat pujian dari penduduk Mocha dan dihormati sebagai orang suci. Sebuah biara dibangun untuk menghormati dirinya. Dari kota mocha buah kopi diperjualbelikan ke kota lainnya. Selanjutnya akan muncul kopi rasa coklat, yang diberi nama Mocha, sesuai dengan nama kota Mocha tempat pertama dijualbelikan buah kopi.

Lukisan kota Mocha


Versi lainnya, yaitu tentang seorang sufi dari Yaman bernama Ghothul Akbar Nooruddin Abu al-Hasan al-Shadhili. Saat ia sedang mengunjungi Ethiopia, ia melihat burung-burung yang memakan buah merah menjadi terbang dan berkicauan dengan bersemangat. Ia pun lalu membawa buah itu ke Yaman dan menjadi minuman kaum sufi, sehingga mereka kuat beribadah di malam hari.

Dari berbagai versi itu, belum dapat dipastikan yang mana keaslian dan keakuratan ceritanya, tapi bisa dikatakan bahwa kopi memang berasal dari Ethiopian dan Yaman.

Sedangkan istilah kopi sendiri berasal dari kata ‘koffie’ (bahasa Belanda), kata ‘kahve’ (bahasa Turki), kata ‘qohwa’ atau ‘qohhwat al-bun’(bahasa Arab).


Wanita Palestina menumbuk buah kopi

Caffehaus di Jerman
Demikian asal-usul dari kopi, yang berawal dari benua Afrika/Timur Tengah, akhirnya sekarang ditanam di berbagai Negara di dunia dan dapat dinikmati minumannya oleh semua orang. baik itu diminum di rumah atau diminum baramai-ramai di berbagai cafe. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan sobat Little Wawan yang sudah membacanya.
Terimakasih.

Wassalam.
Salam dari kota pahlawan.

Sumber :
http://en.wikipedia.org






No comments: