Tuesday, May 12, 2015

Pertempuran Surabaya & Museum Tugu Pahlawan




Tugu Pahlawan , sebagai saksi sejarah pertempuran di Surabaya
Assalamu alaikum wr wb.

Gimana kabar sobat semuanya? Semoga bahagia dan sehat selalu, sehingga bisa menjalankan segala aktifitas dengan lancar.

Kali ini blog Little Wawan akan menuliskan mengenai Monumen & Museum Tugu Pahlawan. Pastinya sobat semua udah pada tau kan, apa itu Tugu Pahlawan yang ada di Kota Surabaya (ya iyalaaah, anak SD aja tau). Tapi mungkin banyak yang belum tau ada apa disana? So, let’s check this out bro.
Mari kita ulas sedikit mengenai sejarahnya (jangan sampe ngantuk lohhh, apalagi sampe pusing baca sejarahnya).

Pada akhir Perang Dunia II, Jepang menyatakan kalah terhadap pasukan gabungan tentara Sekutu. Bpk Ir Soekarno dan para pendiri bangsa memanfaatkan momen ini untuk menyatakan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Jepang, tanggal 17 Agustus 1945. Di berbagai wilayah Indonesia terjadi pertempuran dengan sisa-sisa tentara Jepang untuk melucuti persenjataan mereka.

Saat yang sama tentara Inggris, atas nama pasukan Sekutu, datang mendarat di Indonesia, bulan September-Oktober 1945, termasuk kota Surabaya. Tujuannya melucuti sisa-sisa tentara Jepang di Indonesia. Tetapi tentara Inggris diboncengi oleh pihak Belanda, yang punya tujuan ingin menjajah kembali bangsa Indonesia.
Pastilah, arek-arek Suroboyo yang terkenal keberaniannya bergejolak, sehingga terjadi pertempuran-pertempuran di Surabaya. Dipicu pula oleh pengibaran bendera Belanda di atap Hotel Yamato (atau Hotel Oranje) sehingga terjadi insiden perobekan bendera yang menimbulkan korban jiwa. Keadaan yang memanas bisa didinginkan oleh gencatan senjata yang diatur oleh Presiden Soekarno.

Tapi gejolak kembali terjadi setelah tewasnya Brigjen Mallaby di sekitar Jembatan Merah. Pihak Inggris mengeluarkan ultimatum, supaya para pimpinan dan orang bersenjata menyerahkan diri dan menyerahkan senjatanya, paling lambat jam 6 pagi 10 November 1945.

Wis geger tenan iki, mas bro! dar der dor! Duar!
Pertempuran kembali terjadi, karena milisi-milisi tidak mau menuruti ultimatum itu. diawali dengan pemboman dan penyerbuan oleh tentara Inggris sehingga merusakkan fasilitas kota Surabaya. Tetapi para pemuda sipil dan militer Surabaya tidak menyerah. Meskipun korban tewas cukup banyak (6000-16000 pejuang), itu tidak menyurutkan keberanian arek-arek Suroboyo.

Pihak Inggris mengira bahwa Surabaya bisa dikuasai dalam 3 hari, tapi ternyata mereka membutuhkan waktu 3 minggu. Meskipun akhirnya kota Surabaya bisa ditaklukan, tapi pertempuran ini memicu perlawanan terhadap tentara Inggris di kota-kota lain di Indonesia.

Itulah sejarah singkat mengenai pertempuran ’45 di Surabaya, semoga belum ada yang ketiduran yaaaa.
Tugu pahlawan dibangun untuk memperingati pertempuran tersebut. Tingginya 45 yard. Berbentuk paku terbalik, sisi-sisinya punya 10 lengkungan, badannya dibagi 11 ruas. Kalo diutak-atik akan keluar angka 10-11-45, yaitu 10 November 1945, tanggal awal pertempuran kota Surabaya.
Lokasinya ada di tengah kota Surabaya, di depan kantor Gubernur Jatim.


Maket lokasi Tugu Pahlawan dan sekitarnya

No comments: