Wednesday, August 20, 2014

Misteri Ninja-part 2


Assalamu alaikum wr wb.

Melanjutkan tulisan sebelumnya.
Seorang shinobi atau ninja, mulai dilatih dari masa kanak-kanak, usia 5-6 thn. Mereka diambil dari kalangan rakyat kecil, petani, buruh, dll. Kemudian mereka dilatih secara rahasia oleh kelompoknya.

Diawali dari permainan ketangkasan dan keseimbangan, mendaki, melompat. Selanjutnya dilatih pukulan, tendangan, bantingan, loncatan. Tahap berikutnya latihan memakai senjata, berupa pedang dan tongkat. Pada usia remaja, ninja dilatih melempar pisau, menyembunyikan senjata, teknik tali, taktik bawah air, menyembunyikan diri, bergelantungan di pohon, gerak tanpa suara, dan lari jarak jauh, juga teknik lompat pohon ke pohon atau atap ke atap. Menjelang dewasa, seorang ninja dilatih psikologi manusia, mengenal kelemahan orang lain, cara membuat obat-obatan, memanjat dinding, menangkap musuh, melarikan diri, mencuri, menggambar peta/rute, juga menggambar wajah.

Dalam melaksanakan tugasnya, ninja berpakaian serba hitam atau biru saat malam. Berapakaian serba putih bila musim salju. Tapi kadang dalam penyamarannya, ninja berpakaian layaknya orang kebanyakan, seperti menjadi petani, nelayan, pedagang, dll, tergantung tujuan dari misinya.


Dengan berbagai keahlian itu, seorang ninja siap menjalankan berbagi misi secara rahasia, mampu menyusup, mampu menyamar, mampu mencari info, siap bertarung, maupun melarikan diri.



Ninja dilengkapi dengan beberapa peralatan atau senjata khusus, tergantung pada tujuan misi.
Yang popular adalah ‘shinobikatana’ yaitu pedang yang tidak terlalu panjang, untuk membunuh target dari belakang atau pertarungan jarak dekat.
Sarung pedang dilengkapi dengan racun dan pasir, sehingga ketika pedang ditarik, racunnya bisa melukai atau melumpuhkan lawan.
Cakram berbentuk bintang juga paku beracun, adalah senjata lempar untuk jarak menengah.
Seruling sebagai alat penyamaran sebagai pemain music, juga berfungsi untuk sumpit dengan jarum beracun.
Mizugumo, sepatu bundar untuk berjalan diatas air, terinspirasi laba-laba air. Juga ada tabung udara untuk bernafas saat ninja menyusup lewat perairan.
Kusarigama, sabit berantai dengan bola besi, untuk melukai lawan dalam jarak sedang, bisa juga untuk menyabit lawan jarak dekat.
Bom genggam, dapat menimbulkan asap dan gas beracun, untuk melumpuhkan lawan atau untuk melarikan diri.
Tapi untuk beberapa ninja lebih menyukai membawa satu alat untuk beberapa fungsi, karena mereka dituntut bergerak secara cepat tanpa beban.





Kasta ninja terbagi atas 3 kasta. Jonin, jabatan tertinggi, pemimpin klan ninja, menerima tugas dari pemimpin samurai, dan mengkalkulasi biaya atas sebuah misi. Chunin, penengah, menerima perintah dari jonin, mengkoordinasikan jalannya misi. Genin, agen lapangan, yang menjalankan misi sebenarnya atas perintah dari chunin.


Bersambung …

Sumber :

http://en.wikipedia.org
http://id.wikipedia.org
http://asianhistory.about.com


Phone/Whatsapp : +6281331122195
Twitter : @little_wawan


Facebook : littlewawanblogger


No comments: