Thursday, August 14, 2014

Misteri Ninja-part 1





Assalamu alaikum wr wb.

Mendengar kata ‘NINJA’ pasti kita akan terbayang sosok prajurit misterius dengan kostum serba hitam, yang meiliki kemampuan beladiri tinggi. Tapi bagaimanakah sosok ninja sebenarnya?

Kali ini dari ruang redaksi Blog Little Wawan akan mengulas tentang sosok Ninja yang misterius.

Pada awalnya istilah ninja lebih dikenal sebagai ‘shinobi’. Dalam cerita rakyat Jepang dianggap sebagai manusia setengah setan atau setengah burung gagak. Namun sebenarnya Ninja adalah seorang ‘spionase’, namun disisi lain bisa juga menjadi ‘teroris’. Lebih lengkapnya seorang shinobi bertugas untuk spionase, sabotase, infiltrasi, pembunuhan, dan bila terpaksa melakukan pertempuran terbuka.

Mengapa mereka melakukan itu? tentunya karena mereka adalah tentara bayaran yang sanggup melakukan pekerjaan berat tadi. Yang memberi tugas atau membayar mereka adalah para samurai bangsawan dimana mereka terikat kode etik sehingga tidak mungkin melakukan ‘tindakan kotor/curang’. Sehingga para samurai membutuhkan tentara bayaran yang sifatnya rahasia, yang siap melakukan ‘tindakan kotor’. Akhirnya kemenangan didapat, tapi para samurai tetap dianggap terhormat di mata samurai lainnya. Shinobi bekerja menghalalkan segala cara demi suksesnya misi yang diemban, meskipun itu merupakan tindakan kotor.



Berawal dari abad ke-9, dinasti Tang di China mengalami keruntuhan, sehingga mengakibatkan banyaknya para jenderal, tentara dan biksu menyeberang ke kepulauan Jepang, salah satunya yaitu ke provinsi Iga di pulau Honshu. Disana mereka menyatu dengan tradisi setempat sehingga menciptakan berbagai teknik baru, termasuk teknik bertempur, teknik gerilya dan teknik pengobatan, dikenal sebagai ‘ninjutsu’. Kemudian datang para biarawan Cina yang juga menguasai berbagai ilmu dari Tibet dan India, membuat ninjutsu semakin berkembang. Setelah beberapa abad, ninjutsu semakin besar di Jepang, dianggap sebagai  tandingan ‘bushido’.

Ninjutsu pertama kali diresmikan oleh Daisuke Togakure dan Kain Doshi. Daisuke adalah samurai yang kalah perang dan kehilangan title samurainya. Saat mengembara di provinsi Iga tahun 1162, dia bertemu dengan seorang prajurit biarawan bernama Kain Doshi. Keduanya lalu mengembangkan teknik ninjutsu di Iga. Iga adalah lembah yang dikelilingi pegunungan dengan hutan yang lebat. Keturunan Daisuke lah yang kelak menciptakan sekolah ninjutsu yang pertama, Togakureryu.



Bersambung ….
Sumber :

Phone/Whatsapp : +6281331122195
Twitter : @little_wawan


Facebook : littlewawanblogger


No comments: