Sunday, July 20, 2014

Masjid Raya di kota Roma Itali





Assalamu alaikum wr wb.

Meskipun di benua Eropa umat muslim adalah kaum minoritas, tapi disana juga terdapat masjid-masjid besar yang tidak kalah megah dan indah bila dibandingkan dengan Negara-negara di Timur Tengah. Salah satunya adalah Masjid Besar Roma (Grand Mosque of Rome, Moschea di Roma).

Mari kita ulas sedikit mengenai masjid ini di blog Little Wawan.

Pada tahun 1970an, Raja Fahd dari Arab Saudi berkunjung ke kota Roma. Beliau merasa kesulitan untuk menemukan masjid untuk melaksanakan ibadah sholat. Raja Fahd mengutarakan hal ini kepada pejabat Itali. Bahkan Raja Fahd menyanggupi pembiayaan pembangunannya. Sebenarnya keberadaan sebuah masjid mutlak diperlukan karena di kota Roma banyak perwakilan Negara lain yang beragama Islam. Biaya pembangunan juga disokong oleh Pangeran Muhammad Hasan dan istrinya, Putri Razia Begum, dari Afghanistan.

Tanah lokasi masjid adalah tanah sumbangan Dewan Kota Roma. Sayangnya pembangunan masjid berlangsung sangat lama. Tanah diperoleh pada tahun 1974. Pembangunan dimulai tahun 1984, disaksikan oleh Presiden Republik Italia Sandro Pertini. Penyelesaian dan pembukaan pada 21 Juni 1995. Arsiteknya adalah Paolo Portoghesi, Vittorio Gigliotti dan Sami Mousawi.

Bangunan masjid dijadikan satu fungsi dengan pusat budaya Islam. Lokasi masjid berada di Acqua acetosa, di dekat sebuah bukit. Di sekitar masjid adalah kompleks olahraga & kantor-kantor kedutaan.



Gaya arsitektur masjid, mencoba menggabungkan antara arsitektur modern dan arsitektur masjid di Timur Tengah, dan ada juga pengaruh arsitektur klasik Romawi. Pewarnaan façade dominasi warna cream, sesuai dengan warna bebatuan dan pasir di Timur Tengah. Sementara kolom-kolom yang berjajar rapi seperti gaya arsitektur Romawi.



Kolom-kolom Struktur memiliki bentuk unik yaitu mengambil ide bentuk pohon kurma/palem. Kolom menyambung dengan ornament bada bagian ceiling.



Bentuk ceiling yang tinggi, tentunya memerlukan solusi untuk masalah pencahayaan. Untuk itu dipasang lampu-lampu gantung, dengan gaya yang agak klasik. Kapasitas masjid yaitu 12.000 orang.




Bagian luar masjid ditata baik dengan areal terbuka dan pedestrian yang cukup lapang. Kadang diluar dipakai untuk area berjualan makanan. Menara masjid memiliki bentuk seperti kolom-kolom masjid. Tinggi menara 43m.




Demikian ulasan mengenai Masjid Raya kota Roma. Semoga bisa menambah wawasan sobat Little Wawan yang membacanya. Terimakasih.

Wassalam.
Salam dari kota pahlawan.


No comments: