Tuesday, July 1, 2014

Istana Muslim Moor di Spanyol





Assalamu alaikum wr wb.

Pada saat ini umat muslim di Eropa bisa dikatakan minoritas jumlahnya, tapi sisa kebudayaan masih ada disana, salah satunya adalah Istana Alhambra. Istana itu terletak di Granada Spanyol.  Posisinya diatas bukit Alsabika, di tepi sungai Darro, di tepi jalan Cuesta del Rey Chico. Posisinya yang tinggi sehingga dapat memandang ke seluruh kota dan padang rumput. Bersebelahan dengan Alhambra adalah istana Generalife (Jannat al Arif) yang ada diatas bukit Cerro del Sol .

Semoga tulisan berikut ini mengenai istana Alhambra bisa menambah wawasan sobat Little Wawan yang membacanya.

Alhambra berasal dari bahasa Arab, yang berarti “merah”. Nama lengkapnya Calat Alhambra, artinya “benteng merah”. Nama ini muncul karena dinding luarnya berasal dari tanah liat yang berwarna kemerahan.


Awalnya ini adalah Bangunan benteng kecil, tahun 889. Benteng ini dibangun oleh Sawwar bin Hamdun dari kekhalifahan Cordoba Spanyol. Setelah sekian lama tidak terurus, oleh Raja Mohammed ben Moor Al-Ahmar/Mohammed I(1238-1273) dijadikan istana, pada pertengahan abad ke-11. Kemudian pembangunan diteruskan oleh Mohammed II (1273-1302) dan Muhammad III (1302-1309) juga Raja  Yusuf I(1333-1353), dilanjutkan oleh Mohammed V (1353-1391).

Berawal dari benteng kecil, kemudian dibangun menara pengawas (Watch Tower/Torre de la Vella) dan menara penjaga (The Keep/Torre del Homenaje). Dilanjutkan oleh pembangunan kanal air, gudang, tempat senjata, sehingga menjadi benteng yang besar. Karena berfungsi untuk istana juga, dibangun ruang lainnya, Patio Singa (Patio de los Leones), Gerbang Keadilan (Puerta de la Justicia), tempat pemandian, ruang Comares, Aula Boat (Sala de la Barca).

Secara keseluruhan, komposisi ruangan tidak terorganisir secara structural, karena penambahan ruangan terjadi secara bertahap, tanpa ada master plan dari awal pembangunan. Tapi hal itu sebenarnya wajar terjadi pada saat itu.

Pengaruh budaya Islam yang dipadukan dengan Bangunan istana atau benteng ala Eropa sangat nyata terlihat dalam tampilan Bangunan Alhambra. Ruang-ruang berbentuk segi empat dalam berbagai variasi ukuran, saling terhubung satu sama lainnya. Hampir semua bagian ruangan diisi dengan dekorasi geometris ala budaya Islam, juga diisi dengan kaligrafi syair Islami. Di beberapa bagian sinar matahari dan angin bisa masuk lewat kisi-kisi dekoratif.

Deretan kolom-kolom di area selasar diberi dekorasi Islami. Dinding antar kolom diberi lengkungan, juga bukaan ruangan bagian atasnya diberi lengkungan. Ruang terbukanya diisi dengan taman-taman yang indah, juga kolam dan aliran air yang gemericik, sehingga bagaikan perwujudan “surga di bumi” seperti yang tertulis dalam ayat-ayat Al Quran.

Gaya arsitektur Alhambra memiliki keunikan tersendiri, karena tidak sama persis dengan gaya arsitektur di Timur Tengah. Karena keunikannya, gaya arsitektur ini mempengaruhi gaya arsitektur Spanyol saat itu.

Pada tahun 1492, penguasa kesultanan Granada yaitu Muhammad XII menyerah tanpa syarat setelah diserang oleh tentara gabungan Raja Ferdinand II dari Aragon dan Ratu Isabella I dari Castille, sehingga istana Alhambra luput dari penghancuran tentara musuh. Oleh penguasa baru, istana itu coba dibangun kembali dengan gaya Renaissance, namun hal ini tidak pernah tuntas. Akhirnya istana Alhambra dibiarkan terbengkalai cukup lama, sehingga banyak bagian yang rusak.

Setelah dibiarkan rusak selama beberapa abad, istana ini ditemukan kembali oleh para sarjana Eropa pada abad ke-19. Bangunan istana direnovasi kembali, sehingga keindahannya bisa terlihat lagi. Alhambra juga ditetapkan menjadi situs warisan dunia oleh badan UNESCO yang wajib dijaga. Keindahannya menjadi inspirasi bagi banyak lagu dan cerita.

Demikian ulasan kami mengenai istana Alhambra yang merupakan bukti keindahan arsitektur Islam di Eropa pada masa lampau. Untuk sobat Little Wawan yang ingin menambahkan info atau ingin berkomentar, silakan untuk menuliskan di kolom komentar. Terimakasih atas waktunya membaca tulisan kami.















Wassalam.
Salam dari kota pahlawan.

Sumber :


Tulisan sebelumnya :












marhaban-ya-ramadhan


Baca juga tulisan menarik lainnya di blog kami : 


autoblog-11



littlewawan


No comments: